.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Thursday, September 25, 2008

Sekolah Efektif , Upaya Mengalahkan Kompetitor ?






Ada sekolah yang kualitas akademik maupun non akademik bagus sehingga banyak orang tua ( user ) menyekolahkan anaknya disekolah tersebut sebaliknya adapula sekolah yang justru ditingalkan oleh orang tua . Pertanyaan ini banyak dilontaran kepada smartalzind ? Mengapa terjadi demikian ? Apa penyebabnya ?
dan Bagaimana solusinya ? Dalam arti yang sangat luas bisa dikatakan rendahnya mutu pendidikan merupakan salah satu faktor yang menghambat penyediaan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi tuntutan pembangunan bangsa di berbagai bidang. Beberapa aspek akan ditelaah disini antara lain adalah tentang Pemimpin atau Kepala sekolah yang berperan sentral dalam membangun sekolah , disamping manajemen sekolah.

Kemampuan mempengaruhi, menggerakkan, mengarahkan, mengembangkan orang orang, anggota oganisasi untuk mencapai tujuan organisasi disebut kepemimpinan.
Stategi sekolah untuk mencapai tujuan organisasi maka diperlukan manajemen yang baik yaitu memanfaatkan sumber-sumber dan proses manajemen sehingga tercapai organisasi yang efektif dan efesien.
Bagaimanakah proses manajemen yang baik yaitu mengikuti urutan Planning (merencanakan ), Organising (mengorganisasi), Actuating ( melaksanakan ) dan Controling (mengontol ) sedangkan sumber manajemen yaitu manusia, uang, alat dan waktu. Sumber dan proses manajemen dimainkan oleh seorang manajer yaitu untuk mencapai tujuan oraganisasi sedang seorang pemimpin yang mempunyai peran melakukan perubahan (pembaharuan) organisasi ke arah yang lebih baik.
Jadi seorang Pemimpin sekaligus juga manager untuk mencai organisasi agar efektif dan efesien.

Ada tiga komponen utama untuk menjadi seorang pemimpin yaitu :
a. LEGITIMASI:

  • Legalitas
  • aceptabel
  • etis

b. KEMAMPUAN TEKNIS:

  • Teknik Manajerial
  • Teknik Motivasi
  • Teknik Mengambil Keputusan
  • Teknik Memimpin Rapat
  • Teknik Berkomunikasi
  • Teknik Bernegosiasi
  • Teknik Mengelola Konflik
  • Teknik Mengelola Stress
  • Teknik Menjual

c. KARISMA/WIBAWA

  • Keturunan
  • Track Record
  • Integritas
  • Kredibilitas
  • Penampilan

    Seorang Kepala sekolah , dia seorang pemimpin sekaligus berperan sebagai manajer, Bagaimanakah seorang kepala sekolah agar meningkatkan kinerja sekolah ? Yang perlu dilakukanya adalah menilai kinerja sekolah dan memfasilitasi memperkaya gagasan dalam bertindak, serta berperan sebagai agen perubahan yaitu mengakui dan menghargai kebutuhan perubahan, memimpin dan membimbing kearah kemajuan sekolah dan memastikan pihak lain yang berkepentingan turut serta mengambil keputusan.
    Dengan demikian apabila kepala sekolah berperan seperti diatas maka akan terbentuk sekolah yang efektif . Bagaiamanakah membangun sekolah yang efektif ? Sekolah efektif adalah sebuah sekolah yang memiliki Visi, Misi, Nilai, Tujuan dan Program .
    Bagaimanakah ciri ciri sekolah eferktif ? Ciri sekolah efektif adalah membangun kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, pembelajaran efektif, komunikasi efektif, guruyang efektif dan etos kerja sekolah .

    Jaap Scheerens (1992) menyatakan bahwa sekolah yang efektif mempunyai lima ciri penting yaitu :
  • kepemimpinan yang kuat
  • penekanan pada pencapaian kemampuan dasar
  • adanya lingkungan yang nyaman
  • harapan yang tinggi pada prestasi siswa
  • dan penilaian secara rutin mengenai program yang dibuat siswa

David A. Squires, et.al. (1983) berhasil merumuskan ciri-ciri sekolah efektif yaitu:

1. Adanya standar disiplin yang berlaku bagi kepala sekolah, guru, siswa, dan karyawan
di sekolah;

2. Memiliki suatu keteraturan dalam rutinitas kegiatan di kelas;

3. Mempunyai standar prestasi sekolah yang sangat tinggi;

4. Siswa diharapkan mampu mencapai tujuan yang telah direncanakan;

5. Siswa diharapkan lulus dengan menguasai pengetahuan akademik;

6. Adanya penghargaan bagi siswa yang berprestasi;

7. Siswa berpendapat kerja keras lebih penting dari pada faktor keberuntungan dalam
meraih prestasi;

8. Para siswa diharapkan mempunyai tanggungjawab yang diakui secara umum; dan

9. Kepala sekolah mempunyai program inservice, pengawasan, supervisi, serta
menyediakan waktu untuk membuat rencana bersama-sama dengan para guru dan
memungkinkan adanya umpan balik demi keberhasilan prestasi akademiknya


Bosker dan Guldemon (1991) mengembangkan sistem sekolah efektif yang terdiri dari lima komponen yatu : konteks, input, proses, output, dan outcome

Dalam penelitian lain terdapat, komponen keefektifan sekolah terdiri dari :
Input sekolah yaitu karakteristik sekolah, karakteristik guru, dan karakteristik siswa
Komponen proses yaitu kepuasan kerja guru, partisipasi orangtua siswa dan iklim sekolah
komponen outcome yaitu hasil belajar siswa dan konsep diri siswa

Demikian telaah litertur yang disampaikan kembali oleh smartalzind , apakah sekolah anda sudah demikian ? Yuk kita benahi sekolah kita ! Dari yang kecil dulu terus akan menjadi besar ? detik ini , menit ini, hari ini kita mulai berinovasi/ mau berubah ! maka sekolah anda akan berubah. I can do this !

Daftar Pustaka :
Eko Widodo, Staretegi Pengembangan Visi, Misi dan Program Sekolah

(Menjadikan Sekolah Anda akan lebih baik), Departemen Pendidikan

Nasional, Jakarta, 2007.


Edward F. Phd. How school Administrators Solve Problem ,Prentice-hall, Englewood

Cliffs, New Jersey , 1985.


Slamet PH, MA, MEd, MA, MLHR, Ph.D, Pengembangan Organisasi Sekolah, 2007
____________, Kepemimpinan Sekolah, 2007




No comments: