.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Tuesday, September 23, 2008

MATA PELAJARAN SAINS TENTANG EKOSISTIM

Pengantar

Tugas guru di dalam manajemen kelas diantaranya adalah memberikan pengajaran yang berarti usaha atau kegiatan pelajar mengolah bahan bahan ajar sehingga memperoleh pengetahuan baru , ketrampilan baru, sikap baru atau menyempurnakan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang sudah dimiliki sebelumnya (terjadi change in behavior). Untuk itu guru harus memiliki ketrampilan merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi hasil pembelajaran, metode yang kerap dilakukan oleh guru diantaranya metode cara belajar siswa aktif mengandung makna agar keterlibatan aspek emosional atau aspek fisik siswa dalam belajar dapat optimal. Pendekatannya yaitu melalui ketrampilan proses, yakni suatu pendekatan yang nekankan pada “mengajar siswa belajar bagaimana belajar” (to learn how to learn)
Ketrampilan tersebut meliputi ketrampilan mengobservasi, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, menyimpulkan, mengkomunikasikan, mengindentifikasi variabel, membuat tabulasi data, menyajikan data, menggambarkan hubungan antar variabel , mengumpulkan dan menganalisis data, menyusun hipotesis, dan sebagainya. Untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukanya mencirikan adanya prakarsa siswa dalam kegiatan belajar mengajar, adanya pengalaman langsung siswa, guru berperan sebagai fasilitator, adanya variasi bentuk dan media pengajaran, dan adanya kualitas interaksi intelektual-emosional-sosial antar siswa.
Berikut rencana pengelolaan pembelajaran sebelum guru melaksanakan pembelajaran di kelas :

Mata Pelajaran : Sains
Kelas/Semester : VII
Pokok Bahasan : Ekosistim
Sub Pokok Bahasan :

- Satuan Dalam ekosistim
- Komponen ekosistim

Alokasi waktu : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 40 menit)

I. Standar Kompetensi :

Mengidentifikasikan komponen ekosistim dan saling ketergantungan antar komponen , serta melalukan upaya pengelolaanlingkungan untuk mengatas pencemaran dan kerusakan lingkungan.

II. Kompetensi Dasar :

Menentukan komponen penyusun ekosistim dan saling hubungan antara komponen

III. Indikator:
Produk :

- mengidentifikasikan satuan satuan dalam ekosistim
- Menyatakan bahwa matahari merupakan sumer energi utama pada sistim biologi

Proses :

- Melakukan pengamatan pada sebidang tanah dengan menggunakan kwadran.
- Membuat laporan hasil pengamatan
- Mempresentasikan hasil pengamatan
- Menelaan pustaka mengenai satuan satuan ekosistim

Ketrampilan sosial :

- Bekerja sama
- Mengajukan pendapat
- Menanggapi pertanyaan – pertanyaan

IV. Model Pembelajaran dan Metode

Model Pembelajaran :

Kooperatif Learning
Direct Intruksion
Mind Maping

Metode :

- Eksperimen
- Diskusi
- Tanya jawab

Sumber Belajar :

- Modul
- Buku Paket

Alat dan Bahan : kuadran

V. Rincian Proses Pembelajaran Siswa


1. Pendahuluan :
- Motivasi : menanyakan pada siswa apa pernah pergi ke hutan, apa saja isi hutan ?
- Prasarat : Meminta siswa menunjukan benda hidup , benda mati
- Menyampikan indikator

2. Kegiatan inti
a. Menyampaikan informasi tentang ekosistim dengan meminta siswa membaca buku.
b. Meminta siswa duduk dalam tatanam koopertif
c. Membimbing siswa
d. Meminta perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pengamatan
e. Memberikan evaluasi

VI. Penutup
a. Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
b. Membimbing siswa merangkum pelajaran
c. Uji kompetensi lisan
- Sebutkan pengertian ekosistim berikan contohnya
- Sebutkan komponen ekosistim
- Memberikan pekerjaan rumah.









Latihan Soal :

Pilihlah jawaban yang tepat !

1. Halaman sekolah merupakan contoh suatu ekosistim, di tempat itu ditemukan : rumput,
batu, air, sekumpulan semut, 10 ekor belalang, seekor kpu-kupu, 3 tanaman jambu dan
tanaman mangga. Seekor semut disebut ..
A. individu
B. populasi
C. komunitas
D. ekosistim
( UAN IPA tahun 2007 – 2008 )
Jawab : A.
Pembahasan :
Model Smartalzind
Individu yaitu makhluk hidup tunggal contoh seekor semut, sebatang pohon kelapa, seekor ayam.


2. Organisme yang mampu membuat bahan organik baru dari bahan anorganik disebut
disebut ...
A. autotrof
B. heterotrof
C. saprofor
D. dekomposer
( OSN IPA tahun 2007 – 2008 )

Jawab : A.
Pembahasan :
Model Smartalzind
Autotrof adalah makhluk hidup yang mampu membuat bahan organik baru dari bahan anorganik misalnya tumbuhan hijau yang memiliki klorofil.

1 comment:

blogku said...

dengan adanya ekosistem kita dapat mempelajari perubahan yang ada yaitu antara mahluk hidup serta dapat mempraktekkanya,menambah wawasan, dan dapat dipraktekkan kepada peserta didik -jumini,pgsd3,citralebakbulus-