.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)
English French German Spain Italian Dutch Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Select Language Powered by Google

Tuesday, May 21, 2013

Alat Hidang Dan Cara Menata



Alat Hidang Dan Cara Menata
Hari senin, 20 mei 2013 adalah Peringatan  105 tahun hari Kebangkitan Nasinal Tahun 2013. Harapannya agar warga Negara bangsa Indonesia bangkit menuju Indonesia cerdas, Kreatif , Mandiri dan Bertanggung Jawab, sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa yang dihormati , disegani oleh bangsa lain. Bagaimanakah untuk menjadikan Bangsa tersebut ? maka memerlukan kerja keras , bahu membahu seluruh komponen Bangsa untuk mewujudkan Bangsa yang memiliki karakter yang kuat, cerdas, trampil, kreatif, mandiri dan percaya diri serta bertanggung jawab. Karakteristik tersebut harus ada di setiap warga Negara. Contoh di sebuah Lembaga Pendidikan setiap guru yang mengampu mata pelajaran ,benar memahami yang diajarkannya, serta apa yang diampunya diteruskan kepada siswanya. Al kisah guru mata pelajaran ketrampilan tataboga sebut saja bu suri (bukan nama sebenarnya) menuliskan dalam rpp yaitu kompetensi dasar adalah memilih alat hidang dan cara pengaturannya sesuai dengan menu yang disiapkannya.
Untuk mencapai kompetensi dasar tersebut seporang guru berupaya anatara alain membawa media yang dibawa dari rumahnya , seperti piring, mangkok , taplak meja dan lain sebagainya. Dia menjelaskan dan mempraktekkannya menata menu yang benar. Dia juga menunjuk salah satu siswa untuk mempraktekkanya. Disini bukan saja yang mempraktekkan wanita tetapi juga laki-laki untuk melakukannya.
Diakhir pelajaran dia menutup pelajaran mempertanyakan kembali, menyimpulkannya kembali setelah siswa melakukannya, tidak terasa bel akhir pelajaran berbunyi , semua siswa diajak berdoa bersama sama semoga apa yang telah dilakukannya bersama siswa dapat diterapkan di rumah masing masing dan diakhiri dengan membaca hamdallah. Semoga apa yang telah dilakukan bu suri merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa dalam melakukan tugasnya sebagai guru , dihari peringaatan kebangkitan Nasional semua seluruh komponen bangsa termasuk bu Suri telah melakukannya sesuai dengan pekerjaanya masing masing semoga akan terwujud gererasi bangsa yang disiplin, bertanggung jawab, mandiri dan kreatif amin.
Surakarta, 20 Mei 20134.
Edy Maryanto.www.abenetwork.com/edymaryanto. Bisa Hubungi 085700072230.

No comments: