.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Sunday, January 13, 2013

M Nuh Gulirkan Opsi Alternatif Implementasi Kurikulum


Penulis : Syarief Oebaidillah
Jumat, 21 Desember 2012 23:07 WIB 

jJAKARTA--MICOM: Uji publik kurikulum 2013 akan segera berakhir. Masyarakat masih dapat berpartisipasi terhadap penyempurnaan kurikulum hingga hari Minggu (23/12). Sejumlah opsi terkait implementasi kurikulum telah ditawarkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengemukakan terdapat dua alternatif implementasi awal kurikulum baru. Pertama, kata dia, diterapkan pada beberapa kelas yaitu kelas I, IV, VII, dan X untuk seluruh sekolah. Alternatif kedua diterapkan pada kelas-kelas yang sama dengan alternatif pertama, tetapi untuk beberapa sekolah saja.

"Seandainya akan disepakati alternatif kedua, harus ada sekolah yang akreditasi C. Pemilihan sekolah tidak hanya melihat dari aspek pedagogik semata," kata M Nuh di sela-sela Raker dengan Komisi X DPR ,Jumat (21/12).

Kendati masih menunggu hasil uji publik, kata Nuh, jika alternatif kedua yang dipilih, ada beberapa pendekatan dalam pemilihan sekolah. Sekolah-sekolah tersebut dipilih dengan model populasi atau melalui pendekatan akreditasi.

"Memang harus dimulai, tinggal dipilih apakah di seluruh sekolah atau beberapa sekolah. Dua-duanya memiliki plus minus, yang kami perhatikan juga tentang kebersamaan," cetusnya.

Hemat dia, pemilihan sekolah tidak melihat status sekolah tersebut negeri atau swasta, letak geografis di kota atau di kabupaten. Pemilihannya juga tidak hanya pada sekolah yang memiliki infrastruktur bagus, tetapi justru spektrum luas terjangkau termasuk sekolah di pedalaman.

Adapun opsi lainnya, kata dia, terkait struktur kurikulum jenjang sekolah dasar. Ada dua usulan pemisahan mata pelajaran IPA dan IPS. Usulan pertama kedua mata pelajaran tersebut diterapkan mulai kelas IV sampai dengan kelas VI, sedangkan usulan kedua diterapkan mulai kelas V sampai dengan kelas VI. "Kelas I-III tidak ada IPA dan IPS, tetapi substansinya tetap diajarkan. Modelnya tematik integratif," pungkasnya. (Bay/OL-2) 
SUMBER:
http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/21/371787/293/14/M-Nuh-Gulirkan-Opsi-Alternatif-Implementasi-Kurikulum

No comments: