.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)
English French German Spain Italian Dutch Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Select Language Powered by Google

Tuesday, November 1, 2011

QUIZ MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN UNTUK MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Petunjuk Menjawab:

  1. Tulislah basmalah sebelum menjawab soal di lembar jawaban
  2. Tulislah nama Anda , Email, Program studi, Kelas
  3. Jawablah melalui ke email edymaryanto@yahoo.com
  4. Bila Anda memiliki blog, wordpress tulis juga nama blog, wordpress dll
  5. Tulislah hamdalah setelah menjawab soal

Pertanyaan :

I. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Satuan Pendidikan

a. Apakah yang menjadi dasar kebijakan dibuatnya KTSP ?

b. Apakah yang dimaksud dengan KTSP ?

c. Apakah tujuan diterapkannya KTSP untuk SD ?

d. Sebutkan dan jelaskan prinsip pengembangan KTSP !

e. Komponen apa saja yang ada dalam KTSP, jelaskan.!

f. Bagaimana implementasi KTSP di Sekolah Dasar ?

II. Pendekatan Sistim Dalam Pembelajaran

a. Jelaskan pengertian pendekatan sistim dalam pembelejaran ?

b. Jelaskan perbedaan pendekatan dalam pembelajaran antara Enquiry-discovery learning

dengan ekspository learning ?

b. Buatlah contoh perumusan program tahunan, program semester, dan program

mingguan.

III. Berbagai Model Pengembangan Sistim Pembelajaran

a. Jelaskan bentuk bentuk model pembelajaran yang anda ketahui ?

b, Apa yang anda ketahui tentang model pembelajarn PAIKEM ?

c. Apa yang anda ketahui tentang model pembelajarn yang berorientasi pada kompetensi ?

IV. Perencanaan Pembelajaran

a. Jelaskan pengertian perencanaan pembelajaran!

b. Jelaskan unsur-unsur ysng diperhatikan dalam perencanaan pembelajaran!

c. Mengapa guru perlu menyusun perencanaan pembelajaran. ?

V. Interaksi Belajar Mengajar

a. Dari hasil pengamatan rumuskan pengertian interaksi belajar mengajar, Unsur-unsur

apa yang ada di dalamnya

b. Jelaskan bahwa guru memiliki peran yang strategis dalam PBM.

c. Mengapa siswa menjadi titik sentral dalam PBM.

d. Jelaskan beberapa faktor uang dipertimbangkan dalam pemilihan metode pembelajaran.

e. Jelaskan prinsip-prinsip pembelajaran.

VI. Teori Belajar

a. Apa sebab teori belajar disebut asas psikologis

b. Apa sebab hasil penelitian ilmiah tentang belajar tidak selalu dapat digunakan begitu saja dalam pembelajaran di kelas.

c. Jelaskan tiga teori belajar yang saudara ketahui

VII. Silabus

a. Jelaskan pengertian silabus

b. Jelaskan landasan pengembangan silabus.

c. Jelaskan prinsip pengembangan silabus..

d. Jelaskan komponen dalam silabus.

VIII. Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran

a.Mengapa rencana pelaksanaan pembelajaran penting bagi seorang guru.

b.Apa yang terjadi jika rumusan penilaian tidak sesuai dengan indikator.

c.Bandingkan proses pembelajaran yang menggunakan rencana dengan yang tidak.

d.Diskusikan dengan teman, apa yang harus dilakukan guru dalam melakukan

pengembangan RPP, dan berikan contoh penyusunan pengembangan RPP.

IX..Analisis Bahan Pelajaran

a. Buatlah kolom analisis kompetensi sebagai acuan penentuan materi pelajaran

b. Buatlah langkah-langkah penetapan materi setelah membuat kolom kompetensi dasar

c. Apakah tujuan dari penyusunan bahan pembelajaran ?

X. Kegiatan Belajar Mengajar

a. Apa prinsip dan ciri KBM dalam KTSP? Jelaskan.

b. Bagaimana cara menyediakan pengalaman belajar bagi siswa?

c. Bagaimana cara memilih strategi pembelajaran?

XI.Sistim Penilaian Kelas

a. Jelaskan yang dimaksud penilaian kelas.

b. Jelaskan ciri penilaian kelas.

c. Bagaimana kriteria penilaian kelas?

d. Apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan penilaian kelas.

e. Apa saja bentuk dan teknik yang bisa diterapkan dalam penilaian kelas.

XII.Pembelajaran Terpadu

a. Jelaskan pengertian pembelajaran terpadu.

b. Sebutkan prinsip-prinsip pembelajaran terpadu.

c. Sebutkan kekuatan dan kelemahan pembelajaran terpadu.

d. Jelaskan tiga model pembelajaran tepadu.

e. Buatlah contoh RPP pembelajaran terpadu di SD

SELAMAT BEKERJA SEMOGA SUKSES

No comments: