.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)
English French German Spain Italian Dutch Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Select Language Powered by Google

Thursday, November 3, 2011

P E N I L A I A N TK

1. Pengertian

Penilaian adalah suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, menyeluruh, tentang proses dan hasil dari pertumbuhan serta perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui kegiatan pembelajaran.

2. Tujuan Penilaian

Tujuan penilaian adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik selama mengikuti pendidikan TK.

3. Fungsi Penilaian

1. Memberikan umpan balik kepada guru untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran.

2. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk melakukan kegiatan bimbingan terhadap anak didik agar fisik maupun psikisnya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal

3. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk menempatkan anak dalam kegiatan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.

4. Memberikan informasi kepada orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak sebagai bentuk pertanggungjawaban TK.

5. Sebagai informasi bagi orang tua untuk melaksanakan pendidikan keluarga yang sesuai dan terpadu dengan proses pembelajaran TK.

6. Sebagai bahan masukan bagi berbagai pihak dalam rangka pembinaan selanjutnya terhadap anak didik.

4. Ruang Lingkup Penilaian

Penilain mencakup dua bidang pengembangan , sebagai berikut:

o Bidang pengembangan pembiasaan meliputi nilai-nilai agama, moral, sosial-emosional dan kemandirian.

o Bidang pengembangan kemampuan dasar meliputi kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, dan seni.


FORMAT OBSERVASI

ANAK DIDIK TK

Kelompok : …………….…………

Semester : …………….…………

Tahun Pelajaran : …………….…………

Nama TK : …………….…………

Alamat TK : …………….…………

FORMAT OBSERVASI

ANAK DIDIK TK

Nama : Sultan Haykal Kelompok : B

No

Hari / Tanggal

Kegiatan Pembelajaran

Aspek yang diamati

Hasil Pengamatan

1.

Senin 21-8-2006

Mencuci tangan sebelum dan sesuadah makan

Cara mencuci tangan

§ Penggunaan air

§ Penggunaan lap tangan

§ Kebersihan

§ Mengikuti aturan permainan

§ kerjasama

§ Dapat mencuci tangan dengan baik

§ Dapat mengikuti permainan dengan baik

§ Dapat bekerjasama dengan temannya

………………………………

Guru TK

( ……………………………. )


CATATAN ANEKDOT

ANAK DIDIK TK

Kelompok : …………….…………

Semester : …………….…………

Tahun Pelajaran : …………….…………

Nama TK : …………….…………

Alamat TK : …………….…………

CATATAN ANEKDOT

ANAK DIDIK TK

Kelompok : B

Semester : I

Tahun Pelajaran :

Tgl

Nama Anak didik

Peristiwa

Tafsiran

Keterangan

19 -2-2008

Said bintullah

Murung terus,padahal anak tersebut selalu ceria/gembira setiap melaksanakan kegiatan.

Kemungkinan Ada permasa-lahan di rumah (keluarga)

Melakukan kunjungan ke rumah untuk mengkomunikasikan yang terjadi pada diri anak. Ternyata sering ditinggal ibunya ke luar kota .

………………………………

Guru TK

( ……………………………. )


PERCAKAPAN ANAK DIDIK TK

Kelompok : …………….…………

Semester : …………….…………

Tahun Pelajaran : …………….…………

Nama TK : …………….…………

Alamat TK : …………….…………

PERCAKAPAN ANAK DIDIK TK

Nama : Refa Kelompok : B

No

Hari / Tanggal

Kegiatan Pembelajaran

Aspek yang diamati

Hasil Pengamatan

1

Senin 18-2-2008

Tanya jawab tentang nama dan jenis kelamin

§ Nama lengkap

§ Nama panggi-lan

§ Jenis kelamin

§ Mampu menyebut-kan nama diri dengan lengkap

§ Dapat menyebutkan nama panggilan dengan tepat

§ Mampu menyebutkan jenis kelamin

………………………………

Guru TK

( ……………………………. )


PENUGASAN ANAK DIDIK TK

Kelompok : …………….…………

Semester : …………….…………

Tahun Pelajaran : …………….…………

Nama TK : …………….…………

Alamat TK : …………….…………

PENUGASAN ANAK DIDIK TK

Nama : Handoyo Kelompok : B

No

Hari / Tanggal

Kegiatan Pembelajaran

Aspek yang diamati

Hasil Pengamatan

1

Rabu 20 -2-2008

Membuat teh manis

§ Menyiapkan alat dan bahannya

§ Proses pembuatan teh manis

Dapat membuat teh manis dengan benar

………………………………

Guru TK

( ……………………………. )


UNJUK KERJA ANAK DIDIK TK

Kelompok : …………….…………

Semester : …………….…………

Tahun Pelajaran : …………….…………

Nama TK : …………….…………

Alamat TK : …………….…………

UNJUK KERJA ANAK DIDIK TK

Nama : Arah Kelompok : B

No.

Hari / Tanggal

Kegiatan Pembelajaran

Aspek yang diamati

Hasil Pengamatan

1.

Kamis 14 -2-2008

Berjalan maju pada garis lurus

§ Keseimbangan

§ Cara berjalan

§ Kebenaran

Anak mampu

berjalandi atas

garis lurus dengan

benar

………………………………

Guru TK

( ……………………………. )


HASIL KARYA ANAK DIDIK TK

Kelompok : …………….…………

Semester : …………….…………

Tahun Pelajaran : …………….…………

Nama TK : …………….…………

Alamat TK : …………….…………

HASIL KARYA ANAK DIDIK TK

Nama : Echa Kelompok : B

No

Hari / Tanggal

Kegiatan Pembelajaran

Aspek yang dinilai

Hasil Pengamatan

1

Jum.at 15 -2-2008

Menggambar

bebas dengan

krayon

§ Keberanian menggambar

§ Kreatifitas

§ Warna

§ Ragu-ragu dalam menggambar

§ Kreatifitas anak kurang

§ Berani menggunakan macam-macam warna

………………………………

Guru TK

( ……………………………. )

No comments: