.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)
English French German Spain Italian Dutch Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Select Language Powered by Google

Monday, October 27, 2008

STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR SATUAN PENDIDIKAN SD/MI

BAB I

PENDAHULUAN

A. Rasional

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk “mencari tahu” dan “berbuat” sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar.

Kurikulum IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses IPA. Pemahaman ini bermanfaat bagi peserta didik agar dapat: i) menanggapi isu lokal, nasional, kawasan, dunia, sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan etika; ii) menilai secara kritis perkembangan dalam bidang IPA dan teknologi serta dampaknya; iii) memberi sumbangan terhadap kelangsungan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; dan iv) memilih karir yang tepat. Oleh karena itu, kurikulum IPA lebih menekankan peserta didik untuk menjadi pebelajar aktif dan luwes.

B. Tujuan Mata Pelajaran

Mata Pelajaran IPA di SD/MI bertujuan agar peserta didik mampu:

Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya.

Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat.

Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam.

Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan. Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.

Ruang Lingkup

Ruang Lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi aspek-aspek berikut:

a. Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan;

b. Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair, padat dan gas;

c. Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana;

d. Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.

IPA seharusnya dibelajarkan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta berkomunikasi sebagai salah satu aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di SD menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Standar kompetensi dan kompetensi dasar dicapai oleh peserta didik melalui proses inkuiri ilmiah pada tataran discovery dengan ruang lingkup sebagai berikut.

1. Merencanakan penyelidikan ilmiah yang meliputi:

merencanakan penyelidikan sederhana,

merumuskan tujuan penyelidikan,

menentukan alat dan bahan yang dibutuhkan,

menentukan langkah-langkah kerja,

memperkirakan apa yang terjadi berdasarkan langkah kerja yang ditentukan.

Melaksanakan penyelidikan ilmiah yang meliputi:

Melakukan pengamatan suatu objek secara kualitatif dengan menggunakan seluruh indera

Membandingkan benda berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri

Mengelompokkan benda berdasar kesamaan ciri tertentu

Menunjukkan bagian-bagian dari suatu sistem

Menggunakan bilangan dan menghitung

Melakukan pengukuran sederhana dengan menggunakan alat yang sesuai

Menarik kesimpulan

Mengkomunikasikan hasil penyelidikan ilmiah yang meliputi:

Melaporkan hasil pengamatan

Melaporkan hasil pengukuran

Melaporkan hasil membilang suatu benda

Melaporkan hasil pengamatan dan pengukuran dalam bentuk tabel atau grafik sederhana

4. Bersikap dan berperilaku ilmiah yang meliputi:

Ingin tahu

Peduli lingkungan

Kemauan bekerja sama

Jujur terhadap fakta

Tekun

Ulet

Kreatif dan inovatif

Skeptis

IPA diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan. Di tingkat SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana.


BAB. II

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Kelas : I

Semester : 1

Aspek : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami bagian anggota tubuh serta kegunaannya, kebutuhan dan cara perawatannya, serta mampu memelihara lingkungan agar tetap sehat.

1.1 Mengenali bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta menunjukkan cara perawatannya.

1.2 Menjelaskan secara sederhana kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat) serta menerapkan kebiasaan hidup sehat.

1.3 Membandingkan lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat serta menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.

Aspek : Benda dan Sifatnya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Memahami berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan dan perubahan bentuk benda.

2.1 Mendeskripsikan benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.

2.2 Mengetahui bahwa benda dapat diubah bentuknya.

2.3 Mendeskripsikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.


Kelas : I

Semester : 2

Aspek : Energi dan Perubahannya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Memahami berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

3.1 Membandingkan gerak benda (yang mudah bergerak

dan yang sulit bergerak) melalui percobaan

3.2 Mengetahui penyebab benda bergerak (batere, per/ pegas, dorongan tangan, dan magnet)

Aspek : Bumi dan Alam Semesta

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Mengenali berbagai benda langit serta peristiwa alam (cuaca dan musim) dan pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.

4.1 Mengidentifikasi berbagai benda langit melalui pengamatan.

4.2 Menyebutkan keadaan cuaca di sekitar kita.

4.3 Mengenali pengaruh musim (kemarau dan hujan) terhadap kegiatan manusia (termasuk pakaian yang sesuai dikenakan) .


Kelas : II

Semester : I

Aspek : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.

1.1 Mengidentifikasi bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.

1.2 Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).

1.3 Mengamati dan mendeskripsikan berbagai tempat hidup

makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya) serta mengenali makhluk hidup yang menguntungkan dan yang merugikan manusia.

Aspek : Benda dan Sifatnya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Memahami berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.

2.1 Mengidentifikasi ciri –ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.

2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda

(plastisin/tanah liat/ adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu.

2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal beserta kegunaannya melalui pengamatan.


Kelas : II

Semester : 2

Aspek : Energi dan Perubahannya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Mengenali berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.

3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik,

cahaya, dan bunyi).yang ada di lingkungan sekitarnya.

3.2 Membandingkan jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar, alasan penggunaan dan cara menghematnya.

Aspek : Bumi dan Alam Semesta

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.

4.1 Mengidentifikasi penampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.

4.2 Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam

kehidupan sehari-hari.


kelas : III

Semester : 1

Aspek : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyelidiki ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup, perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhinya, serta menyelidiki pengaruh kondisi lingkungan terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.

1.1 Mendeskripsikan ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta penggolongannya secara sederhana.

Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa makhluk hidup mengalami perubahan dalam rentang hidupnya dan mendeskripsikan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga).

1.3 Mendeskripsikan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan dan pengaruhnya terhadap kesehatan serta menerapkan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

Aspek : Benda dan Sifatnya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Menyelidiki sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

2.1 Mengenali sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan

meliputi benda padat dan cair.

2.2 Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk,

warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pemabakaran, pemanasan,

dan diletakkan di udara terbuka.

2.3 Menjelaskan kegunaan benda yang dikenalnya (plastik, kayu, kaca dan kertas).


Kelas : III

Semester : 2

Aspek : Energi dan Perubahannya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Menyelidiki berbagai cara gerak benda, mengemukakan gagasan tentang arti energi, sumber energi, pengaruh dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, serta menerapkan pengetahuannya tentang konsep energi gerak.

3.1 Menyimpulkan dari hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukurannya serta mengaitkan antara gerak benda dengan kegunaannya.

3.2 Mengidentifikasi dari hasil pengamatan tentang pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari (panas, gerak, getaran) dan mendeskripsikan arti energi.

3.3 Mengidentifikasi sumber energi dan penggunaannya serta menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.

3.4 Merancang dan membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak.

Aspek : Bumi dan Alam Semesta

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Memahami penampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta saling keterkaitan antara permukaan bumi, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

4.1 Mendeskripsikan penampakan permukaan

bumi (daratan dan sebaran air).

4.2 Mengaitkan antara keadaan awan dan cuaca

serta mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.

4.3 Mencari informasi berbagai cara manusia dalam

memelihara dan melestarikan alam.


Kelas : IV

Semester : 1

Aspek : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami kaitan antara alat/organ tubuh manusia (rangka, alat indera dan perawatannya) dan tumbuhan dengan fungsinya, penggolongan hewan, berdasarkan jenis makanannya, menyelidiki daur hidup beragam jenis makhluk hidup, serta memahami hubungan antar makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

1.1 Mengidentifikasi kaitan antara alat/organ tubuh manusia (rangka, alat indera, cara perawatannya) dan bagian tubuh tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.

1.2 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya

1.3 Menyajikan informasi yang menggambarkan

tahapan berbagai jenis daur hidup (termasuk metamorfosis)

beberapa hewan yang dikenalnya serta mempraktikkan kepedulian

terhadap hewan.

Mendeskripsikan melalui pengamatan beberapa jenis hubungan

khas (simbiosis) dan hubungan makan dan dimakan antar

makhluk hidup (rantai makanan) dan antara makhluk hidup dan

lingkungan.

Aspek : Benda dan Sifatnya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Menyelidiki beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya.

2.1 Menyimpulkan bahwa tiap wujud benda (padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu.

2.2 Mengumpulkan informasi cara-cara terjadinya perubahan wujud cair àpadat à cair; cair à gas à cair; padat à gas.

2.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya


Kelas : IV

Semester : 2

Aspek : Energi dan Perubahannya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Menyelidiki bahwa gaya dapat mengubah gerak dan bentuk suatu benda; menyadari keberadaan energi dalam berbagai bentuk dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

3.1 Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa gaya (mencakup

dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak dan bentuk suatu

benda

3.2 Mengidentifikasi energi panas dan bunyi yang terdapat di

lingkungan sekitar serta mendeskripsikan sifat-sifatnya.

3.3 Mengumpulkan informasi tentang energi alternatif dan menjelaskan

berbagai cara penggunaannya.

3.4 Merancang dan membuat suatu karya/model untuk:

(a) menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara,

misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut

(b) menerapkan konsep bunyi, misalnya alat-alat musik atau

peredam suara.

Aspek : Bumi dan Alam Semesta

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Memahami adanya perubahan penampakan pada permukaan bumi dan benda langit, memahami penyebab perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan, serta mengembangkan kemampuan mengaitkan antara sumber daya alam dan cuaca dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

4.1 Mengidentifikasi dan mendeskripsikan perubahan pada penampakan permukaan bumi dan posisi bulan serta penampakan bulan dari hari ke hari.

4.2 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut ) dan pengaruhnya terhadap daratan (erosi dan abrasi) serta cara mencegahnya.

4.3 Mendeskripsikan keterkaitan antara asal sumber daya alam yang dikenalnya dan teknologi yang digunakan serta mendeskripsikan dampak pengambilan bahan alam tanpa usaha pelestarian.

Kelas : V

Semester : 1

Aspek : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami fungsi beberapa organ tubuh manusia dan hewan, cara tumbuhan hijau membuat makanan, dan mengembangkan kemampuan menyelidiki cara-cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan, serta menyadari pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan.

Mendeskripsikan fungsi organ pernapasan (manusia dan beberapa hewan : ikan dan cacing tanah), pencernaan manusia dan kaitan antara makanan serta kesehatan.

Mengenali organ peredaran darah manusia dengan berbagai media serta mengenali gangguan pada organ-organ tersebut dan cara pemeliharaannya.

1.3 Mengumpulkan informasi cara tumbuhan hijau membuat makanan dan menjelaskan secara sederhana bahwa manusia dan hewan tergantung pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanannya.

1.4 Mendeskripsikan melalui pengamatan penyesuaian diri hewan dan tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidupnya.

1.5 Mencari informasi tentang jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan dan mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat.

Aspek : Benda dan Sifatnya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan menyelidiki perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.

2.1 Mencari hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya (misal berbagai benang, kain, kertas).

Menyimpulkan berdasarkan penyelidikan bahwa benda dapat berubah sifat, baik sementara maupun tetap.


Kelas : V

Semester : 2

Aspek : Energi dan Perubahannya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Menyelidiki kaitan antara gaya, gerak dan energi, memahami fungsi pesawat sederhana dan mengenali sifat-sifat cahaya serta penerapannya melalui kegiatan merancang dan membuat suatu karya/model.

3.1 Mendeskripsikan kaitan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet).

3.2 Menyimpulkan bahwa pesawat sederhana membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat.

3.3 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

3.4 Merancang dan membuat suatu karya/ model , misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.

Aspek : Bumi dan Alam Semesta

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan mengaitkannya dengan penggunaan sumber daya alam.

4.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan, dan membandingkan jenis-jenis tanah serta mendeskripsikan struktur bumi dan susunan matahari secara sederhana.

4.2 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya dan perlunya penghematan air, serta mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia serta dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan.

4.3 Mengidentifikasi beberapa jenis sumber daya alam di Indonesia dan cara penggunaannya serta menjelaskan beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)


Kelas : VI

Semester : 1

Aspek : Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami kaitan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya dan mengenali beberapa cara perkembangbiakan makhluk hidup serta menyelidiki pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.

1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki makhluk hidup (kelelawar, cicak, kaktus, dsb) dan lingkungan hidupnya.

1.2 Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan pada masa pubertas.

1.3 Mendeskripsikan cara perkembangbiakan makhluk hidup.

1.4 Menyimpulkan bahwa kegiatan manusia dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem dan menjelaskan bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada pemusnahan jenis dan cara penanggulangannya.

Aspek : Benda dan Sifatnya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Memahami saling kaitan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda dan mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda serta kemampuan memanfaatkan keterkaitan timbal balik antara sifat benda dan kegunaannya.

2.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda dan pengggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Mengidentifikasi faktor yang menentukan dalam pemilihan benda/ bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dan menjelaskan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kelas : VI

Semester : 2

Aspek : Energi dan Perubahannya

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Memahami pola penggunaan energi dan beberapa jenis perpindahan energi serta menunjukkan kesadaran akan pentingnya penghematan energi.

3.1 Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/ model traktor sederhana energi pegas).

Mengumpulkan dan menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik

Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari.

Merancang dan membuat suatu karya/ model dengan menggunakan energi listrik (bel listrik/ alarm/ model lampu lalu lintas/ kapal terbang/ mobil-mobilan/model penerangan rumah.

Aspek : Bumi dan Alam Semesta

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.

4.1 Mendapatkan informasi tentang sistem tata surya dan mendeskripsikan posisi penyusun tata surya tersebut.

4.2 Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan serta menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari.

4.3 Mendapatkan informasi tentang perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah.

2 comments:

sarmada said...

apa perbedaan standar kompetensi dengan kompetensi dasar??

adinda eky said...

apa kegunaan standar kompetensi bagi guru dan murid??