.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)
English French German Spain Italian Dutch Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Select Language Powered by Google

Wednesday, October 29, 2008

STANDAR ISI, STRUKTUR KURIKULUM SD/MI

Drs, Edy Maryanto,M.M
THE EDY MARYANTO CENTER
CENTER OF EXCELENT
KONSULTASI BISNIS PENDIDIKAN

DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

  1. STANDAR ISI
  2. STANDAR PROSES
  3. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
  4. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
  5. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
  6. STANDAR PENGELOLAAN
  7. STANDAR PEMBIAYAAN
  8. STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN

STANDAR ISI

1.KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR KURIKULUM
2.BEBAN BELAJAR
3.KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
4.KALENDER PENDIDIKAN

1. KERANGKA DASAR & STRUKTUR KURIKULUM
 KELOMPOK MATA PELAJARAN AGAMA DAN AKHLAK MULIA
 KELOMPOK MATA PELAJARAN KEWARGANEGARAAN DAN KEPRIBADIAN
 KELOMPOK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
 KELOMPOK MATA PELAJARAN ESTETIKA
 KELOMPOK MATA PELAJARAN JASMANI, OLAH RAGA, DAN KESEHATAN

STRUKTUR KURIKULUM SD/MI

(tabel belum diposting)

PENGEMBANGAN DIRI

*)ekivalen 2 jam pembelejaran Bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat, minat, dan kondisi masing-masing peserta didik. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau dibimbing oleh guru, konselor, atau tenaga kependidikan.


2. BEBAN BELAJAR
 BEBAN BELAJAR MENGGUNAKAN JAM PEMBELAJARAN SETIAP MINGGU SETIAP SEMESTER DENGAN:
1) SISTEM TATAP MUKA
{@ 35 (SD), 40 (SMP). 45 (SMA) menit},
2) PENUGASAN TERSTRUKTUR &
3) KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERSTRUKTUR
2) + 3) maks 60% waktu tatap muka
BEBAN BELAJAR
KEGIATAN TATAP MUKA KESELURUHAN
(tabel belum diposting)

3. KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
 SEKOLAH DAN KOMITE SEKOLAH MENGEMBANGKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DAN SILABUSNYA BERDASARKAN:
 KERANGKA DASAR KURIKULUM, DAN
 STANDAR KOMPETENSI,
DI BAWAH SUPERVISI DINAS KAB/KOTA (SD, SMP, PAKET A & B),
DAN/ATAU DINAS PROVINSI (SMA, SMK, PLB, PAKET C)

 KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DIKEMBANGKAN SESUAI DENGAN:
 SATUAN PENDIDIKAN,
 POTENSI DAERAH/ KARAKTERISTIK DAERAH,
 SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT SETEMPAT, &
 PESERTA DIDIK

No comments: