.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Friday, August 31, 2012

RENCANA STRATEGIS MANAJEMEN PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDKAN DI PERGURUAN AL –IRSYAD AL-ISLAMIYAH SURAKARTA


Pendahuluan
                              Upaya peningkatan standarisasi kualitas (quality) pendidikan dalam memperoleh akses pendidikan serta pengembangan satuan pendidikan yang lebih tinggi sebagai kelanjutan pendidikan yang berkesinambungan di  Perguruan Al-Irsyad Al-Islamiyah merupakan fokus yang diprioritaskan. Pada makalah di bidang pendidikan bertujuan untuk menempatkan pendidikan untuk semua (Education for All) di semua jenjang pendidikan serta pemerataan mutu pendidikan, tata kelola  serta akses pendidikan dalam mendapatkan pengetahuan / informasi, penciptaan suasana nyaman,  sejahtera dan  berkelanjutan, berciri islam (spiritulisasi pendidikan), berjiwa nasional (karacter building) serta berwawasan global ( internasional )  sesuai dengan Visi sekolah yaitu menjadi sekolah “Sekolah Islam Yang Mampu Melakukan Perubahan Bagi Lingkungannya Kearah Kehidupan Yang Islami berdasarkan Al-Quran dan Sunah Rosul”
                  Dalam makalah ini disusunlah rencana strategis pengembangan Pendidikan (RENSTRA BANGDIK) yaitu :
1.      Membuat  program pendidikan yang menjawab standarisasi  mutu quality dan equity  setiap satuan pendidikan (unit-unit satuan pendidikan)
2.      Pembentukan tim work dengan perwakilan dari setiap satuan pendidikan (unit-unit sekolah ).
3.      Menyiapkan sasaran dan program pendidikan yang menjawab standarisasi quality dan equity  melalui santuan pendidikan  (unit – unit satuan sekolah).
                  Di Perguruan Al Irsyad Al-Islamiyah berencana membentuk tim pengarah / stering komite (Kepala Bidang Pendidikan ), perwakilan pelaksana / organising komite tim work  (kepala / wakil sekolah ). Perwakilan tim work (di tingkat satuan pendidikan) bertanggung jawab untuk melaksanakan  program pengembangan sekolah untuk periode lima tahun ke depan dari tahun 2012 – 2017( Renstra Bangdik ). Dalam rangka menyusun pembentukan dan pelaksanaan program pengembangan sekolah , dilakukan beberapa program kegiatan dengan melibatkan semua perwakilan tim work , LPP, Kepala Sekolah, Guru yang telah ditetapkan.   
                  Tujuan :
            Tujuannya  adalah
1)      Meningkatkan peran serta aktif  (LPP, Kepala Bidang Pendidikan , Kepala Sekolah / wakil kepala  ,  guru, karyawan, komunitas orang tua  murid dan unsur-  unsur lain   yang ada dalam masyarakat  (stakeholders) untuk   mendukung standarisasi mutu   (quality) dan persaman perlakuan  pendidikan (equity) dalam mengembangkan satuan pendidikan.
2)      Meningkatkan pemanfaatan sumber daya pendidikan secara sistematis dan berbagi pengalaman antar stakeholders
              Sasaran :
              Sasaran adalah sekolah PAUD, SD, SMP Al-Irsyad Al- Islamiyah Surakarta.
               Dalam rangka standarisasi mutu (quality) dan persamaan perlakuan  (equity)
               dalam mengembangkan  pendidikan, sekolah Perguruan Al-Irsyad Al-
               Iskamiyah  menyusun program kerja  berdasarkan tujuh  pilar  yaitu  (Integrate
                Knowledge, School Based Management, Learning Environment, Teacher
                Competencies and Rewarding System, Curriculum and  Learning Material,
                Community Participation, and  International  Curiculum  Adaptation).
          Program Kegiatan antara lain :
          1.  Peningkatan pelaksanaan Spiritualisasi Pendidikan
                  a.   Pendidkan nilai
                  b.   Iklim dan kultur sekolah islami
                  c.   Integrated curikulum (penjiwaan agama islam ke semua mata pelajaran
                        umum)
          2.   Peningkatan pelaksanaan School Based Management
a.       Identifikasi data sekolah (guru, pegawai, siswa, prestasi, media pembelajaran, sarana dan prasarana, lingkungan, orang tua murid, komite sekolah, masyarakat lingkungan sekolah).
b.      Penyusunan profil sekolah.
c.       Perbaikan infra-struktur sekolah.
d.      Penyiapan materi yang relevan untuk pameran / display sekolah


                    2.   Optimalisasi Lingkungan Pengajaran
a.       Membuat jaringan kamunikasi antar satuan pendidikan sekolah melalui internet.
b.      Pelaksanaan KBM yang kondusif dengan menerapkan pendekatan  “Paikem Gembrot”(Pembelajaran afektif, inovatif, kreatif, efektif , menyenangkan, gembira dan berbobot) dengan pola moving kelas.
c.       Penyelenggaraan kegiatan belajar yang memotivasi siswa untuk berkompetisi dalam intra kurikuler dan ekstra kurikuler.
d.      Pengadaan ICT (Information,Communication, Technology)  yang mendukung peningkatan PBM.
                    3.   Peningkatan Kompetensi Mengajar dan Sistem Penghargaan bagi Guru
a.       Memberikan kesempatan peningkatan kemampuan profesional kepada guru, seperti : mengikuti pelatihan, workshop (lokakarya), penataran, seminar dan kegiatan lain yang mendukung.
b.      Mengadakan pelatihan bahasa Inggris dan komputer (internet, website, Blogger).
c.       Memberikan kesempatan kepada guru untuk melanjutkan studi.
d.      Mengadakan pertukaran pengajar antar sekolah (sister school).
e.       Memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti studi banding di tingkat nasional, regional, internasional.
f.       Memberikan penghargaan kepada guru  berprestasi yang akan meningkatkan kualitas dan tanggung jawab.
g.      Memberikan insentif, bonus, dan kesempatan kegiatan lain dalam upaya peningkatan kesejahteraan guru.
                    4.   Pengembangan Kurikulum dan Materi Pengajaran
a.       Mengembangkan kurikulum sesuai dengan tuntutan pendidikan.
b.      Menerapkan metode pengajaran yang mengarah kepada kecakapan hidup siswa (life skill).
c.       Menjalin kerja sama antar sekolah dengan instansi lain yang mendukung efektifitas KBM, seperti : Puskesmas, Kepolisian,  dan Pemda.
d.         Mengunjungi sumber belajar lain, seperti : pabrik, museum, peternakan, pertanian, perikanan, dan tempat lain yang sesuai.
e.       Mengembangkan alternatif metode, pendekatan dan materi pembelajaran sehingga tercipta suatu pembelajaran yang afektif, inovatif, kreatif, efektif , menyenangkan , gembira dan berbobot (Paikem Gembrot).
6.       Peningkatan Partisipasi Masyarakat
a.     Peningkatan partisipasi masyarakat sekolah melalui komite sekolah.
b.      Peningkatan mutu sekolah dengan cara melakukan terobosan-terobosan dan kerjasama yang baik antara orang tua, lembaga sosial, dan stakeholders.
c.       Penyelenggaraan sekolah melibatkan semua warga sekolah (guru, pegawai, orangtua  murid, siswa).
7.    Adaptasi Kurikulum Internasional
               a.   Sistim billingual ( TK Billingual pengenalan huruf , SD mulai kelas I –
               IV mata pelajaran IPA dan matematika , SMP Billingual mata pelajaran
               Matematika, Biologi, Fisika, Kimia)
               b    Membentuk Team Teaching mata pelajaran IPA, Matematika, Bahasa
                Inggris
      
PENUTUP

Demikian sumbangsih pemikiran dari seorang guru mudah mudahan ada manfaat untuk pengembangan Perguruan Al-Irsyad Al-Islamiyah Surakarta dalam lima tahun mendatang dan kami siap berdiskusi , memaparkan, melaksanakannya sebagai Pengelola Sekolah . Semoga Allah SWT memberikan kepada kita semua jalan kemudahan  dalam mengembangkan Perguruan Al-Irsyad Al-Islamiyah menjadi sekolah yang unggul di tingkat Nasional ataupun Internasional . Amin.


Surakarta, Agustus 2012




 Edy Maryanto
 Kabid Pendidikan

No comments: