.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Thursday, July 14, 2011

AR-RAHMAN ISLAMIC SCHOOL GELAR WORKSHOP


Kamis, 7 Juli 2011 3 Monitor Depok

GANDUL, MONDE
Memanfaatkan masa liburan sekolah, Yayasan Ikhlasul Amal Bukit Cinere yang menangani lembaga pendidikan Ar-rahman Islamic School memberi kesempatan kepada jajaran tenaga pengajar di sekolah tersebut untuk meningkatkan kemampuan (skill).
Kegiatan ini diharapkan dapat berimbas pada peningkatan kualitas pendidikan dengan menggelar workshop dan rapat kerja yang dilaksanakan selama tiga hari.
Kegiatan yang digelar di lantai tiga gedung SDIT Ar-Rahman Islamic School ini diikuti oleh 45 tenaga pengajar TK dan SDIT serta lima pengurus yayasan dan dipandu oleh sejulah Tutor Kompeten dari lembaga terkait diantaranya Dinas Pendidikan Kota Depok,BMPS serta sejumlah Praktisi Pendidikan.
Saat dikonfirmasi Direktur Ar-Rahman Islamic School Edy Maryanto menegaskan, selain dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja para tenaga pendidikan, digelarnya workshop dan raker ini bertujuan untuk mengetahui secara menyeluruh sudah sejauh mana hasil penerapan sistim pembelajaran.
Dengan demikian dapat dijadikan ajuan pada masa program sekolah di tahun mendatang.”Perkembangan ilmu pengetahuan begitu dinamis oleh sebab itu kami tidak ingin terpaku pada program baku namun harus mampu menyelaraskan sistim pengajaran pada perkembangan dan pergerakan dalam dunia pendidikan “ ungkap Edy.
Dalam kegiatan workshop dan raker guru 2011 itu peserta dapat menimba ilmu dari sejumlah praktisi pendidikan dalam kegiatan bedah materi.
Ada pula kegiatan bedah buku 1 dan 2 kurikulum yang dipandu oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Asep Rahmat. Diharapkan Edy kegiatan workshop dan raker ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh di Ar-Rahman Islamic School guna persiapan menuju perubahan status sekolah menjadi Sekolah Berstandar Nasional (SSN) pada 2012 mendatang (ast).

12 comments:

reffa grace said...

Kepada Seluruh staff ar-rahman islamic school

Dengan adanya gelar workshop tersebut adalah guna meningkatkan kualitas dan kinerja para tenaga pendidikan. Sedangkan Ar-rahman memiliki Tenaga Pengajar yang hanya tamatan SMA dan bukanlah Seorang sarjana dari salah satu institusi pendidikan, bisa di bilang dengan tamatan SMA skill dan pengetahuan pun tidak kompeten. Sedangkan ar-rahman memberikan iklan pada salah satu blog bahwa tenaga pengajar ar-rahman berdedikasi dan berwawasan luas dalam pendidikan. Tetapi pada kenyataannya itu tidak benar,saya dan orang tua murid yang lain sudah membahas hal ini, dan kami pun sangat kecewa sekali, dengan biaya tinggi tetatp tenaga pengajar tidaklah kompeten dengan lulusan SMA. Tolong direalisasikan kepada pihak sekolah untuk hal ini.

EDY MARYANTO said...

Assalamualaikum Wr.Wb. Kepada Bp/Ibu Reffa Grace yang terhormat.

Terima kasih kepada Bapak/Ibu Reffa grace yang telah memberikan masukkan tentang tenaga kependidikan kami. Saya senang Bapak/Ibu memberikan masukkan guna meningkatkan pelayanan kami kepada orang tua/wali murid dan bersama sama mencapai tujuan yaitu mendidik putra putri yaitu menjadi putra / putri yang soleh dan solehah serta menguasai pengetahuan . Mudah-mudahan Allah SWT membimbing kita semua dalam tugasnya yaitu mendidik putra-putri anak bangsa. Amin..

reffa grace said...

Kepada Bapak Edy Maryanto

Usaha apa yang akan anda lakukan dengan masih adanya tenaga pengajar yang hanya tamatan SMA pada Ar-rahman Isalamic School? Apa pihak ar-rahman sendiri bisa menjamin mutu dan kualitas pendidikan anak kami dengan tenaga pengajar dan sistem pengajarannya dengan seorang Guru yang belum menyandang gelar sarjana. Perkembangan zaman mempengaruhi kebutuhan skill dan ilmu yang berkembang, maka tenaga pengajar pun dituntut untuk berwawasan tinggi dalam suatu bidang pendidikan. Saya selaku orang tua murid khawatir akan pendidikan anak kami pada ar-rahman. tolong direalisasikan kepada pihak ar-rahman.

hari said...

Selamat Pagi
Assalamualaikum Wr.Wb
Kepada Ibu Reffa & Edy Maryanto

Perkenalkan saya hari riyanto, saya pun orang tua murid dari salah satu sekolah bertaraf nasional. Alhamdulilah di sekolah anak kami, tenaga pengajarnya lulusan sarjana bahkan magister. Penting bagi kami seorang tenaga pengajar adalah seorang sarjana bahkan master, karena seorang guru setidaknya secara teoritis dia menguasai. Kepada Ibu grace, anda coba menyelesaikan hal ini kepada pihak sekolah dan dapatkan solusinya.

EDY MARYANTO said...

Assalamualaikum.Wr.Wb. Ibu/Bapak Reffa Grace yang saya hormati... Proses recruiment ada SOPnya yaitu dari mulai pemilihan calon guru dari berkas lamaran, pengisian Biodata, Tes, Mikro teaching dan wawancara . Insya Allah dengan pelamar guru yang banyak dan terseleksi yang baik , harapan Ibu dan semuanya akan terlaksana.Hanya ada 2 guru yang sedang menyelesaikan skripsi dari 28 guru di SD, mereka juga diberi batas waktu untuk menyelesaikan kuliahnya. Wassalam.

reffa grace said...

TO : Bpk. Edy Maryanto

Maaf jika saya detail dalam hal ini, pernyataan bapak edy "Hanya ada 2 guru yang sedang menyelesaikan skripsi dari 28 guru di SD".
Kami selaku orang tua murid sudah kompromi atas salah satu tenaga pengajar pada Ar-rahman islamic school, dan pada kenyataannya salah satu orang tenaga pengajar belumlah masuk ke tahap skripsi. Kami bisa tahu hal itu dari profil facebook. Artinya pernyataan bapak edy maryanto tidak terbukti benar. Saya sudah coba hubungi kepala sekolah ar-rahman, tp selalu saja sibuk, dan kepala sekolahnya pun tidak memiliki blog khusus untuk keluhan dan saran orang tua murid. Saya dan orang tua murid yang lain akan tindak lanjuti untuk hal ini.

To : Pak hari
Terimakasih atas sarannya, kami sudah hubungi pihak sekolah tetapi sepertinya amanat kami belum juga disampaikan kepada kepala sekolah bahkan ketua yayasan.

reffa grace said...

Dear : Pak edy Maryanto

Sampai saat tidak ada tindak lanjut dari pihak AIS mengenai tenaga pengajar yang hanya lulusan SMU, taraf AIS adalah SSN, kenapa masih merecruit staff untuk mengajar dengan lulusan SMU. Bagaiman jika orang tua murid yang lain tahu tentang hal ini, maka resiko AIS tidak positif di mata orang tua murid bahkan masyarakat luar yang mengenal AIS.

aiscisports said...

assalamualikum WR.WB
kepada yang terhormati pak edi sebagai direkur ar - rahman islamic school

kepada ibu reffa grace juga yang saya hormati.. sebagai orang tua siswa

wah terima kasih sekali.... atas perhatian besarnya yang telah sempat meluangkan sedikit waktu anda... untuk menuliskan komentar tentang salah satu kualitas guru di ar - rahman islamic school

memang ada beberapa guru yang sedang melakukan atau meneruskan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi.. dari tingkat smu menjadi tingkat sarjana... tapi menurut saya bukan berarti kualitas yang dimiliki oleh guru tersebut dalam hal mengajar dan memberikan juga atau sangat rendah... dan tidak kompeten

mereka mengaplikasikan lamaran ke sebuah sekolah... sudah pasti mengetahui benar bagaimana.. kemampuan dan keahlian yang dimilikinya.... dengan bidang yang dilamar....

yah memang.... mereka belum mendapatkan.... sesuatu yang namanya ijazah untuk sarjana..

tetapi ingat.. mereka sedang berusaha mencapai untuk itu..

dan saya rasa pihak sekolah manapun mempunyai standar perekrutan yang ketat.. untuk para pegawainya...

jiaka seandainya direkrut sudah pasti..menurut saya mereka mempunyai kompetensi dan keahlian yang diharapkan.. oleh pihak sekolah..

jika saya bandingkan antara sekolah SSN dengan sekolah international( baik asing maupun dalam negeri)yang ada diindonesia) mereka juga memiliki para pegawai../guru yang notabennya... adalah sedang menempuh ke perguruan yang lebih tinggi... dari sebelumnya(smu..)terutama untuk guru guru bidang studi.....

tapi yang saya lihat saya dapat memahami maksud ibu... reffa grace yaitu ingin mendapatkan sekolah dan pendidikan yang terbaik bagi putra putrinya..

dan saya sangat mendukung sekali... akan hal itu

terima kasih

assalamualikum wr.wb

hari said...

To : Bpk. Edy Maryanto,Ny. Grace, aiscisport

Dari sudut pandang saya sebagai orang tua murid dan saya sendiri sebagai pimpinan pada salah satu perusahaan, hal yang paling terpenting dalam perekrutan untuk staff baru syaratnya min D3 untuk operation dan S1 untuk management, dan tidak lupa dengan IPK min 2,75. Alasan saya dan mungkin perusahaan lainnya adalah untuk mendapatkan tenaga kerja dengan pola pikir dan skill yang maksimal dan berkembang. Pola pikir antara lulusan SMU dan sarjana itu jauh berbeda dalam aplikasi pekerjaan.

Dari sudut saya sebagai orang tua murid, wajar jika ibu grace ingin yang terbaik untuk pendidikan anaknya,karena biaya sekolah dan pendidikan tidaklah murah. Dan berharap anak kita dibimbing dengan orang-orang yang kompeten. Sekolah adalah penentuan kepribadian dari anak.

Kepada Bpk Edi selaku direktur.
Saran saya sebelum berita ini menyebar luas di internet maka semaksimal mungkin di realisasikan dengan cara pendekatan kepada para tenaga pengajar dan menyaring lagi untuk para tenaga pengajar yang sedang menyelesaikan skripsinya dengan melihat hasil dari IPK, dari hal itu bapak sebagai pimpinan pasti bisa melihat kualitas dari tenaga pengajar tsb.

Akan sangat merugikan sekali bagi pihak sekolah apabila orang tua murid memberikan complain yang sama, dan hal ini tersebar bebas di internet.

wassalam.

Hari Riyanto

EDY MARYANTO said...

Kepada Yth Bapak Hari...
Terima kasih masukkannya guna meningkatkan kualitas SDM (Guru)... Karena Kualitas SDM menjadi priopritas Utama dari AIS,Insya Allah semua yang Bapak berikan akan kami laksanakan, saran dan masukan Bapak sungguh berarti bagi kami... Menjelang Puasa saya mohon maaf apabila ada kekhilafan... Mudah mudahan Allah SWT membimbing kita semua sehingga dalam kegiatan sehari hari selalu sukses dan keridhoanNYa... Amin.

Ibrahim said...

Assalamualaikum Wr.Wb
Kepada Bpk. Edy Maryanto, Ibu Grace, Bpk. Hari

Terimakasih telah adanya blog ini, saya baru membuka blog ini, dan ada pembahasan yang sangat menarik dengan status guru pada AIS.

Saya Orang tua siswa dari kelas 2 SD arrahman islamic school.

Setelah saya baca blog ini, saya setuju dengan ibu reffa. Karena pada awal saya mendaftarkan ank saya di AIS, Ms. Winda memberikan info bahwa guru di AIS adalah lulusan S1 semua. dan dari pembahasan tsb, saya percayakan pendidikan anak saya di AIS.

Di post coment bpk edy, mengatakan ada 2 guru yang sedang menyelesaikan skripsi. Artinya ada guru AIS yang bukan sarjana. Dan pihak sekolah telah memberikan keterangan palsu pada saat saya mendaftarkan anak saya.

Dengan biaya yang yang saya keluarkan untuk pendidikan anak saya, saya harap pihak sekolah menindaklanjuti atas hal ini.Guru dgn lulusan SMU apa yang bs saya harapkan.

Jika bapak Edy di posisi saya, apa yang akan bpk lakukan utk pendidikan ank bpk. Apa bpk msh bs percaya dgn Sekolah tsb jk sekolah tsb memberikan keterangan palsu ttg status guru.

Terimakasih
Wassalam

purniawan said...

02170087859

assalamualaikum.... wr.wb

pendidikan tetap nomer satu

to :refa, hari, ibrahim
saya telah membaca seluruh tanggapan baik dari pihak sekolah maupun permasalahan yang anda miliki

perkenalkan saya sebagai salah satu guru olah raga disekolah international school di jakarta

dan juga salah satu teman dari staff guru di ar - rahman islamic school, kami sering berdiskusi tentang ( cara pengajaran, sistem pengejaran, permasalahan dan materi materi yang akan diajarkan dalam mengajar)serta hala lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu


ingin menyampaikan bahwa pernyataan anda ( refa, ibrahim, hari) sama sekali tidak berdasar bahwa lulusan smu tidak mempunyai kapabilitas, tidak kompeten dan tidak bisa diharapkan

1. kalau anda mempunyai permasalahan sebagaimana yang dimaksudkan kenapa anda tidak langsung datang dan menemui pihak sekolah secara langsung??? justru malah menyebarkan suatu aib yang tidak tahu akan kebenarannya??dalam dunia maya??
2. tidak kompeten??
saya mengajar disekolah international school dengan dasar lulusan SMU(walaupun saya juga sedang meneruskan pendidikan saya ke jenjang sarjana) sama sekali tidak ada permasalahan yang sangat berarti dari pihak sekolah dimana tempat saya mengajar seperti status yang ibu permasalahkan,(PADAHAL ini sekolah international), memang mereka mempunyai standart baik jenjang pendidikan maupun sistem atau kompatibel ketika mengajar yang dimiliki oleh seorang guru tapi itu bukan harga mati

karena tidak dapat dipungkiri juga mereka lebih membutuhkan dan lebih berminat dengan orang atau guru yang memiliki kemampuan, kapability, sistem pengajaran yang dinamais, class handling yang baik yang pengalaman secara real dapat digunakan dan dipraktekkan secara
langsung dilapangan contohnya seperti : guru olah raga / PE teacher

karena banyak orang yang bergelar yang didapat belum tentu memiliki nilai2 yang saya sebutkan diatas..

apa anda dapat menjaminnya???????

3. perlu di catat, jika anda menulis tanggapan atau suatu complain resmi didalam dunia maya dalam suatu lembaga resmi pula
apa dengan tidak mengurang rasa hormat dan sebagai yang mempunyai pendidikan yang lebih tinggi dari saya dan orang yang anda ceritakan , agar dapat menuliskan tentang siapa anda secara rinci ( karena ini menyangkut sutau lembaga resmi ) apalagi anda bilang anda termasuk komponen didalamnya??

tunjukkan
===siapa anda??
===siapa anak anda???
===silahkan datang dan berdisdkusi agar lebih jelas???

tidak perlu membuat surat kaleng
dan menulis pesan dengan sembunyi2 dengan menyembunyikan identitas diri????

untuk pak hari
" sekedar tahu teoritis???? bagaimana dengan practice??? dimana memiliki perbedaan yang sangat besar"
anda bisa dan hanya tahu teoritis apa anda tahu tentang praktice dilapangan????

untuk pak ibrahim:

anda bisa lihat pembahasan saya diatas



catatan:
1.jika anda ingin menulis suatu complain didalam lembaga resmi... alangkah baiknya
sebagai orang yang memiliki
pendidikan yang tinggi
dapat menuliskan siapa diri anda( nama real, picture, alamat email ) secara real dan dapat dipertanggung jawabkan untuk tulisan yang anda buat
tidak perlu menyembunyikan identitas anda, karena tidak etis

2.saya sudah mengecek, meng - crosschek dan telah mengetahui siapa diri anda sebenarnya baik REAL maupun non real(account, email anda tidak KOMPATABLE)

terima kasih



purniawanraharjo@gmail.com