.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)
English French German Spain Italian Dutch Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Select Language Powered by Google

Sunday, January 2, 2011

Menjadi KEPALA SEKOLAH PROFESIONAL Pengarang : DR.E.M

Salah satu aspek kepemimpinan di dunia pendidikan adalah kepemimpinan di suatu sekolah. Sekolah sebagai unit kerja dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah. Perkembangan percaturan globalisasi melanda dunia pendidikan. Tak luput sorotan tentang Kepala Sekolahpun mulai tajam.Untuk dapat bersaing di era globalisasi, maka diperlukan Kepala Sekolah–Kepala Sekolah yang profesional.Kepala Sekolah yang profesioanl tak terlepas dari paradigma kepemimpinan pada umumnya.
Tidak mudah menjadi Kepala Sekolah yang profesional. Banyak hal yang harus dikuasi dan dipahami dengan berbagai pendekatan dan strategi. Kepala Sekolah menjadi figur sentral dan harus menjadi teladan bagi para tenaga kependidikan. Bukan hanya karena lamanya pengabdian,namuni dea-idea cemerlang diperlukan untuk mempersiapkan kader bangsa melalui penggodogan pendidikan di lembaga pendidikan yang disebut sekolah. Jadi sekolah yang dipimpin Kepala Sekolah harus dapat menangkap misi dan visi masa depan sekolah. Sehingga eksistensinya sebagai lmbaga pencetak kader bangsa tetap relevan.
Sekolah merupakan salah satu masyarakat khusus,yang mempunyai latar belakang dan pemahaman serta tujuan yang kadang berbeda-beda. Hal itu dapat menimbulkan adanya konflik maka sebagai Kepala Sekolah harus sudah mempersiapkan diri untuk dapat mengatur dan meredamnya. Peredaman konflik itu dabahas dalam bagian manajemen konflik.Pengetahuan pengetahuan praktis kepemimpinan dan contoh yang dipaparkan secara luas dalam buku ini dalam rangka menyukseskan program Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ), dan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi.)
Semoga Bermanfaat Bagi Pemangku Kepentingan.
(Sumber : Oleh TravellerKings )

No comments: