.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Saturday, July 10, 2010

Tips agar Hubungan sesama Teman, Kolega atau Klien, Org lain Tetap Harmonis

dikutip dari :Buca Budi Cahaya (OASE)

Akhlak dan beberapa sifat nabi Muhammad s.a.w. yg patut ditauladani :
QS 3. Ali 'Imran : 159. Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
[246]. Maksudnya: urusan peperangan dan hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan lain-lainnya.

Ayat di atas mengguratkan sejumlah tips agar hubungan tetap harmonis dgn sesama teman, kolega ataupun klien serta org terdekat :

1. BERSIKAPLAH LEMAH LEMBUT, jgn berlaku atau berkata keras.

2. MAAFKANLAH. Bila mereka pernah berbuat salah maka tak ada yg perlu dilakukan kecuali membuka pintu maaf selebar-lebarnya.

3. DOAKANLAH mereka dgn memohon ampun

4. COBALAH BERDIALOG, membangun komunikasi yg positif dan efektif.

5. Bila semua sdh anda lakukan maka bertekad bulat dan bertaqwalah kpd Allah SWT.
jgn merasa jengkel apalagi dendam apabila poin 1 s/d 4 sdh kita lakukan tapi org tsb tetap tdk berubah juga... skali lagi bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Semua manusia berada dalam keadaan merugi apabila dia tidak mengisi waktunya dengan perbuatan-perbuatan baik.

AMAT RUGILAH MANUSIA YANG TIDAK MEMANFA'ATKAN WAKTUNYA UNTUK BERBAKTI

QS 103. Al ´Ashr : 1. Demi masa 2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, 3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.


No comments: