.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Saturday, May 17, 2014

MENYONGSONG MATRIKULASI DI SMA TAHUN PELAJARAN 2014-2015



Penyelengara sekolah beberapa hari kedepan disibukan dengan pengumuman kelulusan peserta didik kelas 12, 9 dan 6 , melaksanakan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) , Pentas Akhir Tahun (Syukuran, pentas seni, wisuda ) , Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan Matrikulasi yang mesti disiapakan karena mengacu surat edaran (Surat Edaran No.156928/ MPK.A/KR/2013).
Apa itu matrikulasi ? Matrikulation (inggris), dalam bahasa belanda AANVULLEN artinya pemenuhan kekurangan. Matrikulasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan awal yang diperlukan peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran pada jenjang tertentu. Matrikulasi bertujuan untuk mencapai “entry level ” yang sama bagi seluruh peserta didik yang berisi pemantapan materi ( Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Untuk Kepala Kekolah) sedangkan Direktorat Pembinaan SMA mengartikan matrikulasi di SMA sebagai kegiatan pembelajaran untuk  menyetarakan kompetensi  peserta didik kelas XI yang pada waktu kelas X TP 2013/2014 belum mengikuti  Kurikulum 2013 sehingga pada TP 2014/2015  dapat mengikuti program pembelajaran kelas XI sesuai Kurikulum 2013.
Penyelenggara sekolah sudah sejak awal mensosialisasika kepada pemangku kepentingan karena tanpa perencanaan yang baik maka dalam pelaksanaan akan kurang sejalan dengan pesan yang ingin dicapai . Apa yang harus dipersiapkan yaitu guru mata pelajaran sudah mulai mengadalisis KD kelas X dengan KD kelas XI Kurukulum 2013. KD yang mana yang mesti dimatrikulasikan lalu menyiapkan waktu dan tempat yang pas untuk peserta didik menerima materi matrikulasi yang diberikan guru mata pelajaran kemudian menilai hasil proses matrikulasi .

No comments: