.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Wednesday, July 24, 2013

PENGUATAN DISIPLIN DAN TATA TERTIB SEKOLAH MENUJU SEKOLAH PILIHAN MASYARAKAT.



Produk sebuah sekolah adalah pelaksanaan karak ter sekolah yang kuat  seperti  didiplin, mandiri dan bertanggung jawab. Sekolah seyogyanya telah merencanakan membangun karakter yang kuat  bersama sama seluruh pemangku kepentingan seperti murid, karyawan (Guru , TU, OB, Petugas keamanan dan lain - lain).
Komitmen  membangun bersama-sama akan mempercepat hasil sekolah yang berkarakter sehingga akan bisa meminimal mungkin yang pernah  didengar yaitu tawuran antar pelajar, tindak kekerasan anatara kakak kelas dengan adik kelas ini terjadi di daerah jogyakarta , konfilk horizontal dimasyarakat..
Apa yang perlu dievaluasi oleh sekolah ? pertama adalah kultur dan iklim sekolah sudahkan terbentuk ! untuk membentuk kultur, budaya maka syaratnya adalah ketaatan , kesediaanya untuk mengubah sekolah dari semua pemangku kepentingan dengan tidak merasa dibebani. Kedua lakukan yang kecil – kecil tetapi terus menerus dilaksanakan misalnya saat mau masuk ruang serbaguna sepatu dilepas untuk seterusnya tidak berubah (konsisten), dan lain sebagainya. Untuk memulainya dimualai dari diri sendiri lalu teman teman lainya melakukan juga.
Inilah sebuah catatan keinginan merubah sekolah dari sekolah yang biasa biasa menjadi luar biasa atau bahasa yang lebih umum adalah sekolah unggulan yang memiliki karakter positip (Character Building).





No comments: