.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Thursday, June 21, 2012

Change Your Way to Success


Dalam sebuah artikel motivasi pada buku "Champion" Karangan Darmadi Darmawangsa, mengatakan bahwa :
Change Your Way to Success
Seringkali rutinitas pekerjaan kita saat ini membuat kita kurang kreatif, lihatlah di sekeliling kita apakah banyak hal yang telah berubah industri kita, pelanggan kita, produk dan service yang anda tawarkan ? Masalah yang kita hadapi saat mungkin masih tetap sama, namun solusinya mungkin telah berbeda.
Memang benar masalah tentang kebutuhan manusia tentang alat komunikasi tetap ada, namun  jika dahulu telepon saja sudah mampu untuk menyelesaikannya, saat ini pelanggan lebih membutuhkan mobile phone, bagaimana dengan bisnis anda ?
Apa yang telah dikatakan oleh Albert Einstein bahwa tantangan yang dihadapi saat ini tidaklah dapat dipecahkan dengan pemikiran-pemikiran sebelumnya. Dari setiap gunung yang ditaklukkan, selalu akan ada gunung-gunung lain yang lebih menantang dan tentu membutuhkan strategi yang berbeda pula untuk ditaklukkan. Janganlah terlalu cepat puas dengan pencapaian anda saat ini, karena pada saat anda puas pesaing anda telah mengintip dan siap mengambil alih pimpinan.
Satu hal yang selalu menyadarkan kita adalah bahwa perubahan dituntut selalu, anda boleh puas sesaat namun ide anda mudah ditiru bahkan dapat dikembangkan menjadi ide yang lebih hebat dibandingkan dengan ide semula.
Lessons from Mr. Tiger
Tiger Wods adalah seorang pegolf legendaris dunia dan menjadi atlet yang meraih penghasilan US$1.000.000.000 dalam usianya yang baru 31 tahun. Ia memiliki tiga prinsip sederhana namun mempunyai kekuatan dasyat yang ia gunakan dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapinya dan juga ketika ia menghadapi tantangan dalam hidupnya.
Prinsip # 1 : “ I Smile at obstacles”, Ia akan tersenyum ketika diperhadapkan dengan rintangan, bukankah kebanyakan orang akan mengeluh, menghindar, bahkan melarikan diri ketika menghadapi rintangan dalam hidupnya ? satu hal yang pasti adalah kita lari dari rintangan hidup, kita tidak menyelesaikan masalah yang kita hadapi, bahkan seringkali rintangan itu menjadi tambah besar seiring dengan ketakutan kita.
Mr. Tiger tersenyum karena ia melihat ada sebuah kesempatan yang akan membuat dirinya akan bertambah tangguh jika ia mampu melewati rintangan tersebut, bahkan jika gagal ia akan belajar dari rintangan itu.
Prinsip #2: “My Will can move mountains”, kemamuan yang besar seringkali membedakan antara seorang juara dengan orang biasa, dunia ini bukanlah dipenuhi oleh dua kubu kaya dan miskin, dunia ini hanya dipenuhi oleh mereka yang mau (the will) dan mereka yang tidak mau (the will not)

Prinsip #3 : “I will do it with all my heart”, berkomitmenlah untuk terus mencari pekerjaan yang paling anda nikmati dalam hidup anda.
 
Success Is My Right
Kehidupan kita sehari-hari selalu dipenuhi dengan unsur pembelajaran, baik disadari maupun tidak banyak hal yang kita jumpai sebenarnya merupakan jalan bagi kita untuk terus belajar dalam hidup ini.
Melalui ujian dan cobaan yang menghadang, melalui kejadian yang menghadang disekeliling kita, pastilah banyak makna yang bisa kita petik sebagai bekal menghadapi kehidupan.
Sukses adalah hak saya, hak siapa saja yang menyadari, menginginkan dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati. Hidup adalah sebuah pilihan, jika anda dihadapkan untuk memilih Sukses atau Gagal, manakah yang anda akan pilih ? Tentu, 100 % pasti akan memilih Sukses, namun tahukah anda bahwa ada harga yang harus dibayar untuk meraih kesuksesan tersebut ? Sukses membutuhkan langkah-langkah perubahan yang berani dan besar untuk menciptakan juara atau pemenang.
Semua manusia di dunia mencari jawaban untuk meraih kesuksesan, namun sayang banyak yang telah patah arang dan tidak percaya dengan adanya suatu konsep yang dapat mengubah jalan hidupnya. Motivasi bagaikan seseorang yang berkaca didepan cermin dan setelah itu merasa telah mengetahui wujud dirinya, namun sekali ia meninggalkan cermin maka ia akan langsung lupa dengan wujudnya.
Kesuksesan adalah hak setiap insan manusia, namun mengapa lebih banyak orang yang gagal daripada yang berhasil ? Apakah karena kebanyakan orang belum mengetahui cara menjadi sukses ?  Kebanyakan orang gagal mencapai kesuksesan yang mereka impikan karena mereka tidak melakukan apa yang dipelajari dan diyakini benar. Mereka tidak sungguh-sungguh mengambil komitmen untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.
Dalam diri manusia sudah tertanam jiwa pemenang, namun karena begitu banyak hal-hal negative, pikiran-pikiran negative dan kegagalan demi kegagalan yang mengubur semangat sukses di dalam jiwa kita dan membuatnya kita tertidur. Marilah kita mengaktifkan semangat juara yang sudah lama terkubur dalam diri anda, Success Is My Right.

Blame It On the Rain
Apapun yang anda lakukan, jangan salahkan dirimu, salahkanlah pada hujan. Dewasa ini sikap ini sering menghantui kehidupan setiap orang, memang ada kalanya kesalahan bukan di pihak kita, namun demikian kitalah yang mengambil tanggung jawab untuk tidak terjebak di dalamnya sebelum kesalahan itu menjadi batu sandungan bagi kesuksesan kita.
Seorang psikolog melaporkan sebuah penemuan yang mencengangkan atas hasil surveinya, ia melakukan interview terhadap para narapidana. Hasilnya tidak satupun dari mereka merasa bersalah atas tuduhan yang telah dijatuhkan padanya. Jawaban klasik mereka adalah mereka berada pada waktu yang salah, tempat yang salah dan bertemu dengan orang yang salah. Kesimpulan dari penelitian tersebut menyatakan bahwa sekumpulan terbesar orang yang tidak bersalah akan anda temukan di penjara, memang sangat ironis bahwa tempat yang menampung orang bersalah adalah di penjara.
Seorang bapak tua berjalan dalam kegelapan malam dan berhenti dibawah sebuah lampu jalanan, dan ia sibuk mencari sesuatu yang hilang. Kemudian datang seoranga anak muda menyakan “ Apa yang sedang bapak cari ??” Bapak tua menjawab bahwa ia sedang mencari kunci yang hilang, dan si anak muda menawarkan bantuan untuk ikut mencarinya. Setelah satu jam mencari, akhirnya si anak muda itu menyerah dan dengan putus asa ia berkata pada bapak tua “ Kita telah mencari di semua tempat sekitar sini dan juga belum menemukannya, apakah bapak yakin kehilangan kunci di sekitar sini ??” Bapak tua menjawab dengan malu bahwa ia kehilangan kuncinya di rumah, tapi rumahnya tidak memiliki penerangan yang cukup sedangkan tempat ini lebih terang dari rumahnya.  Cerita ini mengingatkan kita untuk sekali lagi tidak mencari alasan-alasan atas kegagalan hidup diluar sana, sering kali alasan-alasan itu muncul dari dalam diri kita dan hanya kitalah yang mampu mengubahnya.
Mencari kambing hitam atas kegagalan kita adalah cara mudah untuk menghindar dari rasa tanggung jawab menyelesaikan tantangan dalam kehidupan kita. Berhentilah mencari alasan atas kegagalan anda lihatlah kedalam sebelum mencari di luar. Mencari pembenaran dalam hidup kita ini adalah sia-sia walaupun banyak alasan yang kita temukan di luar sana dan betapapun banyaknya kesalahan orang lain yang mengakibatkan kegagalan anda, hal itu tetap tidak akan mengubah diri anda.
Hidup ini adalah hidup anda sendiri, jangan biarkan factor luar menghambat pencapaian sukses anda. Sikap menyalahkan orang lain atau sesuatu yang berada diluar control kita adalah sikap yang dapat menghentikan laju kesuksesan kita.


What You Focus Will Expand
Hukum tarik menarik adalah suatau subjek yang sedang hangat diperbincangkan dalam dunia pengembangan diri saat ini. Salah satu pilar dari hukum itu adalah kekuatan dari sebuah focus (perhatian), seseorang cenderung (memiliki probabilitas yang lebih besar) untuk mendapatkan apa yang diinginkan jika ia mengarahkan focus pada keinginannya. Fokus inilah yang akan menjadi pikiran utamanya setiap hari, namun sayang kebanyakan kegagalan manusia terjadi karena sakah menggunakan kekuatan yang dasyat ini. Mereka bukan berfokus pada hal-hal yang ingin diraih, mereka berfokus pada hal-hal yang tidak diinginkan.
Apakah anda selama ini lebih sering focus pada ketakutan dibandingkan dengan keuntungan yang akan anda dapatkan untuk mewujudkan cita-cita anda ? Bagaikan mata uang yang bermuka dua, demikian juga setiap hal di dunia ini memberikan ancaman dan peluang. Arahkan focus anda pada peluang yang ada di depan mata, maka anda akan merasa lebih bergairah dan bersemangat untuk mengejar tujuan itu.
Ingatlah, kekuatan terbesar dalam diri kita baik berupa pikiran, perasaan maupun tindakan jika diarahkan dengan tepat akan mendapatkan hasil yang berlipat ganda. Orang-orang sukses adalah mereka yang mampu berfokus terhadap apa yang mereka inginkan, sebaliknya mereka yang gagal memberikan focus terhadap apa yang tidak mereka inginkan.
Buatlah keputusan hari ini hanya untuk selalu berfokus pada hal-hal yang ingin anda capai, niscaya anda akan mendapatkannya dalam waktu yang bahkan tidak anda duga.
Hukum 80/20 (Pareto), mengingatkan bahwa 80% hasil usaha kita adalah hasil dari 20% tenaga dan waktu yang kita berikan. Jadi dengan memaksimalkan waktu dan tenaga kita yang 80% pada 20% kegitan-kegitan yang penting kita akan mampu meningkatkan efektivitas kita sampai 400%. Temukanlah kegiatan terpenting yang selama ini paling mempengaruhi penghasilan atau prestasi anda, berikanlah focus yang maksimal untuk hal tersebut kemudian pikirkan dan kembangkan hal tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Setiap jalan yang kita tempuh, jalan yang kita lalui dalam mempertahankan eksistensi kita baik dalam bekerja maupun dalam kehidupan sehari-hari akan selalu disertai dengan kegagalan dan keberhasilan. Namun yang harus kita lakukan adalah bagaimana membuat suatu kegagalan merupakan awal menuju kesuksesan. Semuanya itu merupakan suatu proses menuju kesuksesan yang tentunya harus disertai dengan tindakan atau action. Tanpa tindakan atau action kita tidak mungkin mengatakan hal itu sebagai suatu kegagalan atau kesuksesan.


No comments: