.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Tuesday, October 27, 2009

BELAJAR BIOLOGI YUK...YUK... YUK..... MENGENAL TANAMAN DI LAHAN TANAMAN PEMBELAJARAN SMP AL ZAHRA INDONESIA ( by Edy Maryanto )



tanaman yang telah diberi tugas oleh guru pembimbing. Mereka begitu menyenangi kegiatan barunya disamping belajar ipa (biologi) tentang pengenalan tanaman, daerah asal, ciri-ciri morfologi, klasifikasi ,kegunaaanya . Sebelum pulang kerumah merekapun asyik menyirami kembali tanaman pembelajaran, dengan harapan tanaman mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut akan ditelaah satu demi satu tanaman dari mulai kangkung, kacang tanah, pare, timun , cesim, terong, cabe.sebagai bahan referensi siswa.



KANGKUNG

DAERAH ASAL :
Tanaman kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, China Selatan, Australia, dan Afrika. Di China, sayuran ini dikenal dengan nama weng cai. Di negara Eropa, kangkung biasa disebut swamp cabbage, water convovulus,atau waterspinach.




CIRI- CIRI :
Merupakan tanaman yang tumbuh cepat dan memberikan hasil dalam waktu 4-6 minggu sejak dari benih. Dalam satu musim saja, kangkung bisa tumbuh dengan panjang 30-50 cm. Tanaman ini merambat di lumpur dan tempat-tempat yang basah, seperti tepi kali, rawa-rawa, atau terapung di atas air. Biasa ditemukan di dataran rendah hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Tanaman bernama Latin Ipomoea reptans ini terdiri atas dua
varietas, yakni kangkung darat yang disebut kangkung cina dan kangkung air yang
tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit.
Kangkung termasuk suku Convolvulaceae atau keluarga kangkung-kangkungan
Perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air terletak pada warna bunga. Kangkung air berbunga putih kemerah-merahan, sedangkan kangkung darat berbunga putih bersih. Perbedaan lainnya pada bentuk daun dan batang. Kangkung air berbatang dan berdaun lebih besar daripada kangkung darat. Warna batangnya juga berbeda.
Kangkung air berbatang hijau, sedangkan kangkung darat putih kehijau-hijauan. Lainnya, kebiasaan berbiji. Kangkung darat lebih banyak bijinya daripada kangkung air, itu sebabnya kangkung darat diperbanyak lewat biji, sedangkan kangkung air dengan stek pucuk batang.



KEGUNAAN :
Dapat mengobati penyakit wasir, sebagai pengusir racun dari tubuh. untuk menyembuhkan sembelit dan obat bagi mereka yang sedang melakukan diet.
Untuk aneka hidangan menggugah selera, mulai dari tumis, cah, atau lalap, ternyata juga berkhasiat sebagai antiracun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan Kangkung ternyata juga memiliki manfaat sangat tinggi. Itu karena mengandung vitamin A,B1,danC,jugamengandungprotein,kalsium, fosfor,besi,karoten,hentriakontan,sitosterol.



PENGELOMPOKAN/KLASIFIKASI :


Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Solanales
Famili : Convolvulaceae
Genus : Ipomoea
Spesies : Ipomoea reptans




Daftar Pustaka:
Susila, AD.2006. Panduan Budidaya Tanaman Sayuran.
Departemen Agronomi dan Holtikultura.Fakultas
Pertanian IPB.
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
http://lifestyle.okezone.com/,
http://zulmz65.blogspot.com/

3 comments:

tagskie said...

hi.. just dropping by here... have a nice day! http://kantahanan.blogspot.com/

JanuskieZ said...

Hi... Looking ways to market your blog? try this: http://bit.ly/instantvisitors

Mahfud said...

hmmee.. ayoo belajar Biologi lagiiiii....
:D