.

blog-indonesia.comWelcome to Smart Alzind Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CI-BI)

Wednesday, October 9, 2013

BERANI BERKATA “TIDAK” BILA DIBERI CONTEKAN TEMAN



Membangun karakter seperti jujur, disiplin, dan bertanggung jawab dimulai semenjak duduk sekolah usia dini (PAUD), SD, SMP,SMA . Melatih kejujuran,kedisiplinan dan rasa bertanggung jawab dilaksanakan yang kecil-kecil tetapi berkesinambungan dan akhirnya membentuk budaya / kultur yaitu KARAKTER .
Senin  7 Oktober 2013 di beberapa sekolah di Indonesia sesuai kalender pendidikan melaksanakan UTS (Ujian Tengah Semester) . Kegiatan ini bisa untuk mengukur sejauh mana kejujuran,kedisiplinan dan rasa bertanggungjawab dalam evaluasi tiga  bulanan bila enam bulan merupakan semesteran. Kejujuran , kedisiplinan serta rasa bertanggung jawab dimulai dari persiapan, pelaksanaan mengerjakan lembaran soal UTS.
Apa yang peserta didik lakukan yaitu menaruh tas-tas , didalamnya ada catatan, buku buku teks di depan kelas dibawah papan tulis. Pada saat mulai mengerjakan harus berani berkata “tidak” bila ingin mencontek teman disampingnya. Begitupun bila temannya akan memberikan contekan maka harus berkata “tidak”.
Budaya  macam ini harus dilakukan bila hasil pendidikan di kelas akan menghasilkan peserta didik yang memiliki KEJUJURAN, KEDISIPLINAN DAN RASA BERTANGGUNG JAWAB.
Sudahkan sekolah kita seperti ini ?.... semoga….

No comments: